Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

Penyebab Penyakit Asma

 diambil dari bahasa yunani yang artinya  Penyebab Penyakit Asma
Apa Penyebab Penyakit Asma?  Penyakit “asthma” diambil dari bahasa yunani yang artinya “sulit bernapas”.  Penyakit Asma yaitu keadaan dimana susukan pernafasan kepingan bronkhial paru-paru   mengalami penyempitan lantaran hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan.

Gejala awal dari penyakit asma yaitu adanya sesak nafas, batuk, dan bunyi menjadi mengi atau bengek yang disebabkan lantaran adanya penyempitan dan sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada yang menciptakan susukan udara menjadi terhambat. Asma lebih banyak menyerang penderitanya pada pagi dan malam hari.

 

Gejala Asma

  • Bersin-bersin, hidung lembap atau mampet
  • Susah tidur
  • Di bawah mata terdapat bulat berwarna hitam
  • Mual dan ingin muntah
  • Mengalami demam ringan dan dahi berkeringat
  • Gatal pada tenggorokan dan biasanya mengalami batuk-batuk
  • Untuk mempermudah bernafas perderita selalu mencoba untuk duduk tegak lurus.
  • Sesak kepingan dada dan tersengal-sengal
  • Nafas berat biasanya mengeluarkan bunyi bengek (mengi).
  • Sulit untuk konsentrasi dan berbicara
  • Kesulitan bernafas sehingga badan terlihat sedikit membiru
  • Sering merasa ibarat tersedak
  • Merasa tegang, gugup dan ketakutan
  • Merasa capek



Penyebab Penyakit Asma

Penyakit Turunan
Penyakit asma merupakan penyakit turunan, contohnya bila anda mengetahui seseorang yang mengidap penyakit asma, sanggup dipastikan ia mewarisi penyakit ini dari orang tuanya maupun kakek atau neneknya.

Aspek Genetik
kemungkinan alergi, Jenis kelamin, dan Ras atau etnik juga sanggup menyebabkan penyakit asma.

Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan badan seseorang dengan orang lainnya tentu berbeda. Para penderita asma umumnya mempunyai respon alergi yang hiperbola terhadap faktor-faktor yang berdasarkan orang lain biasa.

Udara Dingin
Udara cuek merupakan salah satu pemicu penyakit asma. Misalnya saja, AC di ruangan yang terlalu cuek juga sanggup memicu asma. Mengendarai kendaraan bermotor di malam hari tanpa mengenakan jaket juga sangat berbahaya bagi pengidap penyakit asma. Bila anda yaitu pengidap penyakit asma disarankan untuk membawa jaket bila pergi ke luar rumah bila cuaca sedang dingin.

Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman juga sanggup memicu kambuhnya penyakit asma. Beberapa masakan sanggup berefek jelek pada penderita asma dan sangat tidak disarankan untuk pengidap penyakit asma yaitu masakan yang mengandung MSG tinggi, mengandung pengawet,makanan dan minuman yang mengandung pewarna sintetik  dan minuman yang bersifat dingin.

Lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit asma. Jika anda mempunyai penyakit asma dan sering berada di lingkungan berdebu, kotor dan kurang nyaman maka penyakit asma lebih gampang kambuh. Kaprikornus bagi anda yang mengidap penyakit asma seharusnya lebih memperhatikan lingkungan disekitar anda. Misalnya saja, belum dewasa yang mempunyai penyakit ini, usahakan untuk tidak bermain hewan-hewan ibarat kucing, kelinci, hamster atau binatang lain yang mempunyai bulu-bulu halus. Jauhkan juga dari boneka-boneka yang mempunyai bulu halus.

Emosi yang berlebihan
Bila anda seorang penderita asma, janganlah emosi yang berlebihan. Marah hingga semarah-marahnya atau menangis tersedu-sedu. Beberapa emosi yang hiperbola sanggup menyebabkan penyakit asma anda kambuh.

Obat - Obatan Tertentu
Bila anda seorang penderita asma maka berhati-hatilah mengkonsumsi obat-obatan. Karena, jenis obat-obatan tertentu sanggup menyebabkan asma anda kambuh. Sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter semoga anda tahu obat-obatan jenis apa saja yang berbahaya untuk penderita asma.

Polusi Udara dan Debu
Tingkat polusi yang semakin tinggi dari hari ke hari, harus anda waspadai. Karena, penderita asma sangat sensitif pada polusi udara. Ada baiknya bila anda akan melaksanakan acara di luar rumah, hendaklah anda membawa masker untuk menghindari diri dari polusi dan debu.

Perubahan Cuaca
Perubahan cuaca dari ekspresi dominan hujan ke ekspresi dominan panas atau seblaiknya dari ekspresi dominan panas ke ekspresi dominan hujan. Anda harus waspada denga perubahan cuaca, lantaran perubahan cuaca sanggup menjadi pemicu kambuhnya penyakit asma anda.

Itulah penyebab-penyebab penyakit asma. Jika anda penderita asma dan anda telah mengetahui penyebab-penyebab penyakit asma, anda sanggup lebih waspada lagi. Sehingga frekuensi kambuhnya penyakit asma anda sanggup berkurang, Baca : Manfaat Kegunaan Mawar bagi Kesehatan
Tag : Hidup Sehat
0 Komentar untuk "Penyebab Penyakit Asma"

Back To Top