Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

Cara Merawat Kulit Dengan Baik Dan Benar

Cara Merawat Kulit dengan Baik dan Benar Cara Merawat Kulit dengan Baik dan Benar
Cara Merawat Kulit dengan Baik dan Benar. Terlepas dari apapun warnanya, kulit merupakan belahan badan yang sangat penting dan harus dirawat. Kulit merupakan belahan paling luar badan yang bersifat elastis dan lembut.

Kulit melindungi organ-organ internal badan dari unsur-unsur eksternal menyerupai sinar ultraviolet dari matahari, suhu, materi kimia, debu dan unsur-unsur berbahaya lainnya. Selain itu kuit juga berfungsi untuk menahan air, mencegah abses dan memproduksi protein esensial serta vitamin.

Kulit ialah organ badan insan yang terus berkembang dan selalu berubah sepanjang hidup manusia. Bahkan berdasarkan peneitian, insan menanggalkan sekitar 40.000 se kulit per menit. 

Kulit insan terdiri dari tiga lapisan. Lapisan paling luar yang biasa dilihat oleh mata kita biasa disebut epidermis atau lapisan luar. Lalu di bawahnya terdapat lapisan tengah atau dermis.

Lapisan terdalam biasa disebut hypodermis atau lapisan lemak di bawah kulit. Setiap lapisan memiliki kiprah dan fungsi yang berbeda antara lapisan satu dengan lapisan lainnya. Epidermis yang merupakan lapisan terluar kulit, sering sekai terpapar sinar ultraviolet dari matahari dan unsur berbahaya lainnya.

Fungsi dari epidermis ialah menawarkan pigmen dan menghasilkan sel-sel kulit gres sebagai pengganti sel-sel yang telah mati. Dermis atau lapisan tengah merupakan lapisan yang mengandung reseptor sentuhan dan rasa sakit menyerupai pembuluh darah, folike rambut, kolagen dan elastin.

Lapisan terdaam kulit atau hypodermis terdiri dari lemak dan kolagen yang menyerap goncangan dan melindungi organ-organ internal. 

Orang Indonesia banyak yang mendambakan kulit putih bagai orang-orang di luar negeri. Itu tidak terjadi alasannya ialah mungkin stereotype orang Indonesia yang beranggapan bahwa orang berkulit putih dan jelas itu cantik, tampan, lebih terawat dan sebagainya.

Padahal tidak, penelitian menerangkan bahwa orang berkulit gelap lebih tahan akan sinar matahari dan memiliki resiko lebih kecil akan serangan kanker kulit. Makara berbanggalah dengan apapun warna kulit anda. 

Terlepas dari apapun warna serta jenis kulit anda, setiap kulit sanggup mengalami bercak merah kasar, kering, berkerut dan rusak. Maka dari itu derma serta perawatan pada kulit amatlah penting bagi semua warna dan jenis kulit.

Pembersihan kulit menggunakan pembersih yang tersedia di pasaran pun bdapat menjadi salah satu cara merawat kulit, alasannya ialah kebersihan kulit sangat berkaitan akrab dengan kondisi kesehatan kulit. Tetapi jangan salah menentukan produk, alasannya ialah lain orang lain pula jenis kulitnya dan produk yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk anda pakai.Berikut, cara merawat kulit dengan benar:


Cara Merawat Kulit dengan Baik dan Benar

Hindari Air Panas dan Sabun yang Keras
Jangan pernah menggunakan air panas untuk membersihkan kulit anda. Gunakanlah air hangat untuk membersihkan kuit anda. Juga gunakan sabun yang lembut, alasannya ialah sabun yang lembut bekerja lebih baik untuk kulit kering.

Sesuaikan Kosmetik dan Produk Perawatan dengan Jenis Kulit Anda
Sesuaikan kosmetik yang anda pakai dengan jenis kulit anda. Jangan memaksakan, alasannya ialah akan berefek kurang baik bagi kulit. Umumnya, kosmetik berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak dan kosmetik berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering.

Lakukan Perawatan
Lakukannya perawatan kulit alami menyerupai pembersihan, penyegaran, pelembaban, lulur dan masker alami secara teratur. Tidak pergi ke salon perawatan, internet banyak menyediakan isu mengenai materi alami yang sanggup digunakan untuk perawatan kulit.

Bersihkan Make Up
Bagi para wanita, usahakan untuk membersihkan make up anda sebelum tidur. Jangan tidur dengan keadaan wajah penuh make up alasannya ialah hal tersebut sanggup berdampak jelek bagi kulit

Konsumsi Air
Sebagian besar badan kita terdiri dari air, konsumsi air dengan banyak atau minima 8 gelas per hari akan berefek sangat bagus bagi badan kita secara keseluruhan. Konsumsi air juga sanggup menciptakan kulit terasa lebih segar dan lebih kencang.

Konsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan berlemak sanggup berefek jelek pada kulit. Konsumsilah makanan sehat menyerupai sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A, B, C dan E yang baik untuk badan serta kulit. Jangan lupa pua untuk melengkapinya dengan susu.

Olahraga Teratur
Olahraga yang teratur sanggup meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen inilah yang membantu proses detoksifikasi racun dari badan dan membantu untuk mencegah timbulnya keriput pada kulit.

Pijat
Massage atau pijat sanggup membantu badan menjadi lebih rileks. Pijat juga membantu merangsang sel-sel kulit wajah untuk meningkatkan produksi kolagen yang menciptakan kulit lebih muda dan lebih cerah.

Istirahat yang Cukup
Mengistirahatkan badan sesuai waktu dan porsinya, memiliki banyak manfaat bagi badan termasuk pada kulit. Tidurlah selama 7-8 jam pada waktu malam secara teratur. Maka badan akan terasa segar dan fit.

Salah satu yang terpenting dari perawatan kulit ialah kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Jika kita rajin untuk membersihkan diri kita, maka rasa kondusif terhadap penyakit-penyakit kulit dan gangguan kulit akan hilang. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan lingkungan kawasan kita beraktifitas. Karena akan percuma jikalau kebersihan langsung tidak ditunjang dengan kebersihan lingkungan, Baca : Penyebab, Gejala, dan Obat Mengatasi kekurangan Darah

0 Komentar untuk "Cara Merawat Kulit Dengan Baik Dan Benar"

Back To Top