Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

Penyebab, Gejala, Dan Obat Alami Mengatasi Kekurangan Darah

 dan Obat Alami Mengatasi Kekurangan Darah Penyebab, Gejala, dan Obat Alami Mengatasi Kekurangan Darah
Penyebab, Gejala, dan Obat Alami Mengatasi Kekurangan Darah. Anemia atau penyakit kurang darah ialah keadaan dimana jumlah sel darah merah(hemoglobin) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh.


Gejala Anemia

Iron Deficiency Anemia
Kekurangan zat besi ialah peneybab utama anemia ini. Bila anda kekurangan zat besi maka badan anda tidak sanggup memproduksi hemoglobin untuk sel darah merah.

Anemia of Chronic Disease
Anemia ini disebabkan penyakit kronis menyerupai kanker,gagal ginjal dan HIV/AIDS . Penyakit kronis sanggup mempengaruhi produksi sel darah merah sehingga menjadikan anemia kronis.

Vitamin Deficiency Anemia
Penyebab anemia jenis ini ialah kekurangan folat dan vitamin B-12 akan mempengaruhi produksi sel darah merah, beberapa orang bahkan tidak sanggup menyerap vitamin B-12 dengan efektif. 

Apalastic Anemia
Anemia jenis ini ialah yang paling parah dan kasusnya jarang terjadi, Penyebab anemia ini ialah berkurangnya kemampuan sumsum tulang belakang untuk menghasilkan ketiga jenis sel darah(eritrosit, leukosit, dan trombosit).

Hemolytic Anemias
Anemia jenis ini disebabkan sel darah yang hancur lebih cepat dan sumsum tulang belakang yang tidak bisa mengimbangi dengan menghasilkan sel darah merah pengganti. Atau bisa juga lantaran gangguan autoimun badan sanggup menjadikan badan menghasilkan antibodi terhadap sel darah merah sehingga menghancurkan sel darah merah.

Anemias Associated With Bone Marrow Disease
Penyakit leukemia dan myelodysplasia sanggup menjadikan anemia yang menjadikan produksi darah di sumsum tulang belakang berkurang.

Sickle Cell Anemia
Jenis anemia ini disebabkan oleh keganjilan bentuk hemoglobin yang menciptakan sel darah merah terbentuk menyerupai sabit. Sel darah merah ini mati secara prematur dan menjadikan kondisi kronis kurangnya sel darah merah.

Anemia Lain
Anemia jenis ini berbeda dari yang lain, antara lain thalassemia dan anemia yang disebabkan oleh keganjilan hemoglobin.


Penyebab Anemia

Sering Kelelahan
Jika anda sering merasa lelah, kemungkinan anda mempunyai jumlah sel darah merah yang rendah. Pasokan energi badan sangat bergantung pada oksidasi dan sel darah merah Semakin rendah sel darah merah, tingkat oksidasi dalam badan ikut berkurang.

Sering Mual
Bila anda merasa mual ketika pagi hari, bisa jadi anda terkena anemia.
 

Kelopak Mata Pucat
Cobalah regangkan kelopak mata bawah anda, bila anda melihat penggalan dalam kelopak mata bawah anda berwarna pucat, bisa jadi anda terkena anemia.

Ujung Jari Pucat
Ketika Anda menekan ujung jari, kawasan itu akan berubah jadi merah. Tetapi, jikalau Anda mengalami anemia, ujung jari Anda akan menjadi putih atau pucat.

Sakit Kepala
Anda sering merasa sakit kepala, maka berhati-hatilah bis jadi anda terkena anmeia. Kekurangan sel darah merah sanggup menciptakan otak  kekurangan oksigen.

Denyut Jantung Tidak Teratur
Ketika badan mengalami kekurangan oksigen, denyut jantung akan meningkat. Hal ini menjadikan jantung berdebar tidak teratur dan cepat.

Sesak Napas
Jumlah sel darah merah yang rendah sanggup menurunkan tingkat oksigen dalam tubuh. Hal ini menciptakan penderita anemia sering mencicipi sesak napas ketika melaksanakan acara sehari-hari.

Wajah Pucat
Jika Anda mengalami anemia, wajah Anda akan terlihat pucat. Kulit juga akan menjadi putih kekuningan.

Rambut Rontok
Ketika kulit kepala tidak mendapat makanan yang cukup dari tubuh,  Anda akan mengalami penipisan rambut dengan cepat. Jangan anggap remeh rambut rontok karen abis jadi ini ialah tanda-tanda anemia.

Menurunnya Kekebalan Tubuh
Ketika badan Anda mempunyai energi yang sangat sedikit sistem imun badan anda juga akan menurun. Anda akan gampang jatuh sakit bila sistem imun badan anda lemah.


Obat Alami Mengatasi Anemia

Konsumsi Bayam Duri
Bayam duri mengandung banyak zat besi, garam, fosfat, vitamin A, C, dan K. Ambil setengah genggam bayam duri. Cuci bersih, kemudian giling halus. Selanjutnya, tambahkan setengah cangkir air matang. Setelah diperas dan disaring hanya untuk diambil airnya, tambahkan satu kuning telur ayam dan 1 sdm madu. Aduk adonan itu sampai rata. Ramuan tersebut untuk sekali minum, dilakukan 2x sehari.

Kacang Hijau
Kacang hijau mengandung vitamin B1, B12, dan niacin. Sediakan 1 cangkir kacang hijau. Setelah dicuci, campur dengan 2 gelas minum air, rebus sampai tersisa sekitar ¾-nya. Setelah hangat-hangat kuku, minumlah air rebusan itu. minumlah itu 2x sehari.

Daun Kacang Panjang
Cuci higienis setengah genggam daun kacang panjang, kemudian diasapkan sebentar. Konsumsilah sebagai urap pada ketika makan. Sebaiknya dikonsumsi 2x sehari.

Konsumsi Sayuran Hijau
Anda sanggup mengkonsumsi sayuran hijau menyerupai bayam dan kangkung. Sayuran hijau mengandung zat besi yang sanggup mengatasi anemia.

Konsumsi Daging
Daging sapi juga mengandung zat besi yang sanggup mengatasi anemia.

Jangan khawatir bila anda terkena anemia lantaran banyak solusi gampang mengatasi anemia dengan cara yang alami. Anda juga bisa mengkonsumsi tambahan penambah darah. Terapkanlah gaya hidup sehat, biar terhindar dari penyakit menyerupai anemia dan penyakit lainnya. Bagi anda yang ingin mencerdaskan anak, klik disini: Makanan Mencerdaskan Anak.
0 Komentar untuk "Penyebab, Gejala, Dan Obat Alami Mengatasi Kekurangan Darah"

Back To Top