Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

Manfaat Kegunaan Bunga Mawar Bagi Kesehatan

Manfaat Kegunaan Bunga Mawar bagi Kesehatan Manfaat Kegunaan Bunga Mawar bagi Kesehatan
Manfaat Kegunaan Bunga Mawar bagi Kesehatan. Siapa yang tidak kenal bunga mawar. Bunga yang umumnya kita jumpai berwarna merah ini sering dijumpai di florist atau di pasar tradisional. Bunga mawar disimbolkan sebagai simbol kasih sayang. Kesan romantis yang ditimbulkan pun semakin berpengaruh terlihat dari keindahan warna serta aromanya.

Maka dari itu, banyak yang menentukan bunga mawar ini untuk diberikan kepada orang yang dikasihi. Pada tahun 1968, presiden Amerika Serikat meresmikan bunga mawar sebagai bunga nasional negaranya.

Tak heran sekitar 85% konsumsen mawar di seluruh dunia ada di Amerika Serikat. Mawar yang disimbolkan sebagai lambang kasih sayang ini menciptakan penjualannya melonjak pada hari-hari perayaan yang berkaitan dengan kasih sayang menyerupai valentine dan hari ibu.

Bunga mawar termasuk suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa.Pada umumnya spesies mawar ini yaitu tanaman semak berduri atau tanaman memanjat yang sanggup mencapai tinggi 2 hingga 5 meter. Daunnya mempunyai panjang 5 hingga 15 centimeter.

Pada umumnya mawar mempunyai duri berbentuk menyerupai pengait yang berfungsi untuk mengurangi kerusakan, melindungi akar dan juga memanjati tanaman lain. Pada beberapa spesies, duri yang tumbuh menyesuaikan diri menjadi lurus menyerupai jarum, biasanya timbul pada spesies yang tumbuh di tanah berpasir menyerupai Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia. 

Sebenarnya, mawar bukannlah tanaman tropis, tanaman ini membutuhkan udara sejuk untuk tumbuh dan berkembang.  Bunga mawar yang seringkali kita jumpai umumnya berwarna merah atau putih.

Tetapi bekerjsama bunga mawar mempunyai banyak warna menyerupai merah muda, hijau, peach, biru,dll. Untuk mawar biru merupakan mawar hasil rekayasa genetika para ilmuwan sebab alam sendiri tidak menghasilkan pigmen biru alami di dalam bunga mawar. Faktanya ada sekitar 100-150 spesies mawar tersebar di bumi ini.

Hanya sebagian kecil yang tumbuh di Asia Tenggara, yaitu yang berdaun hijau sepanjang tahun. Kebanyakan mawar tumbuh di bumi serpihan utara dimana suhu lebih sejuk dari negara-negara tropis.

Ternyata bunga mawar masih merupakan kerabat erat dengan buah-buahan menyerupai apel, pir, ceri dan almond. Kandungan vitamin C pada kelopak mawar ternyata lebih besar dari buah-buahan tadi.

Selain banyak mengandung vitamin C  ternyata bunga mawar mengandung banyak manfaat lain menyerupai melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, anti radang, menghilangkan nanah dan menetralisir racun. Berikut kegunaan mawar untuk kesehatan:

Manfaat Kegunaan Bunga Mawar bagi Kesehatan

  • Aroma mawar semenjak jaman dahulu dipercaya untuk mengatasi stress dan anti depresi. Karena itulah mawar digunakan sebagai bunga hias yang biasa ditaruh di dalam rumah.

  • Kandungan zat yang menenangkan pada mawar sanggup menjadi imbas terapi untuk meringankan sakit kepala yang menyerang.

  • Kandungan polifenol pada mawar sanggup melembabkan kulit. Sedangkan kandungan omega 3 dan omega 6 pada mawar sanggup memperbaiki kerusakan kulit. Kandungan vitamin C  yang tinggi pada mawar pun sanggup meingkatkan kolagen pada badan yang salah satu fungsinya sanggup menyehatkan mata.

  • Bunga mawar sanggup mengatasi bengkak, caranya basuh higienis bunga mawar kemudian ditambah daun sembung. Rebus dengan air sekitar 600ml kemudian minum airnya 2 kali sehari.

  • Bunga mawar sanggup meringakan gangguan kesehatan menyerupai batuk. Seduh bunga mawar dengan air panas. Tambahkan gula secukupnya kemudian minum 2 kali sehari untuk meringankan batuk. Untuk serangan campak dan melancarkan siklus haid pun sanggup dilakukan dengan cara yang sama

  • Akar mawar sanggup digunakan untuk mengatasi keputihan pada wanita. Cukup keringkan akar mawar, rebus, kemudian minum air saringannya.

  • Mawar pun sanggup mengatasi duduk kasus pencernaan dan menjaga metabolisme badan semoga tetap prima. Pengobatan ini sudah dipercaya masyarakat India semenjak dulu.

Bunga simbol kasih sayang ini ternyata mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan. Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan atau hadiah kepada orang tersayang, mawar ternyata sanggup meringankan banyak penyakit.

Selain harum dan indah, mawar sanggup menjadi salah satu alternatif pengobatan secara alami yang sanggup anda coba di rumah, Baca : Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Tag : Tips Alami
0 Komentar untuk "Manfaat Kegunaan Bunga Mawar Bagi Kesehatan"

Back To Top