Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Daun Singkong

 Daun singkong atau kadang dikenal dengan Daun ubi Khasiat dan Manfaat Daun Singkong
Khasiat dan Manfaat Daun Singkong. Daun singkong atau kadang dikenal dengan Daun ubi. Siapa sih yang tidak mengenal dengan tumbuhan yang satu ini, nah pada kesempatan kali ini kami coba membahas mengenai manfaat dan khasiat daun singkong ini.

Pohon ketela atau Ubi kayu mempunyai nama latin Manihot Utilissima, yang mana tumbuhan ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk insan terutama bab daunnya. 

Daun singkong pada bab pucuknya biasanya banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sayur oleh sebagian masyarakat yang ada di Indonesia. Beberapa nutrisi berharga, terkandung  pada daun singkong menyerupai vitamin B1, vitamin A, asam amino essensial dan karbohidrat.

Hal ini tentunya mengakibatkan manfaat daun singkong  sangat baik apabila dikonsumsi sebagai sajian harian anda. Tidak hanya sebagai sayuran, daun singkong mempunyai manfaat lainnya yakni sebagai berikut.


Manfaat Daun Singkong

Obat Sakit Kepala
Siapkan beberapa lembar daun singkong atau pucuk ubi yang masih segar basuh hingga bersih, haluskan daun singkong yang sudah kita siapkan tersebut dengan cara ditumbuk. Kompres atau tempelkan kebagian kepala kita yang sedang sakit, lakukan pengobatan tersebut setiap hari selama rasa sakit kepala masih belum sembuh.

Obat Diare
Siapkan seikat daun singkong basuh higienis kemudian rebus daun singkong tersebut dengan 900cc, hingga airnya berkurang menjadi 450cc. Saringlah hasil rebusan tadi, bagi menjadi dua bab dan minum dua kali sehari pagi dan malam.

Obat Rematik
Siapkan daun singkong yang masih segar  kurang lebih 5 lembar, jahe merah 15 gram, kapur sirih secukupnya. Haluskan kesemua ramuan tersebut dengan cara ditumbuk ataupun diblender, dan jangan lupa dicampur dengan sedikit air, oleskan ramuan tersebut kebagian badan kita yang sakit terkena rematik tersebut.

Sumber Protein Nabati
Daun singkong merupakan jenis protein nabati yang banyak mengandung vitamin B. Vitamin B sangat dibutuhkan untuk membangun sel-sel badan yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh.

Sumber Energi
Asam amino essensial pada daun singkong membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang akan dipakai badan beraktivitas.

Antioksidan
Radikal bebas yang melingkupi setiap kegiatan kita, konsumsilah daun singkong yang kaya akan antioksidan untuk mencegah terjadinya tanda-tanda kanker.

Mencerdaskan Otak
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa di dalam daun singkong ada banyak sekali kandungan asam amino yang dibutuhkan badan baik untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Dalam kaitan mencerdaskan otak, ada beberapa asam amino yang terkandung dalam singkong , yakni asam glutamik, phenilalanin, tirosin dan tripthopan.

Ibu Hamil
Banyak yang bertanya apakah daun singkong baik untuk Ibu hamil? Jawaban saya ya, daun singkong baik untuk Ibu hamil, alasannya daun singkong mengandung zat besi cukup tinggi sehingga sanggup membantu Ibu hamil terhindar dari anemia.

Obat Pandangan Mata Kabur
Anda punya problem dengan penglihatan yang menyerupai kabur? Obati dengan ramuan daun singkong. Caranya dengan merebus daun singkong dengan garam dan bawang putih. Setelah itu daun singkong dimakan bersama nasi sebagai lalap.

Selain daun singkong  umbinya biasanya juga dijadikan sebagai makanan pokok di tempat tertentu, maka dari itu dengan khasiat dan manfaat daun singkong di atas, mari jangan ragu untuk mengkonsumsi daun singkong ini. Bagi kau yang mempunyai problem ambeien, baca: Cara Mengobati Ambeien.
Tag : Hidup Sehat
0 Komentar untuk "Khasiat Dan Manfaat Daun Singkong"

Back To Top