Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

Diet Yang Sempurna Untuk Golongan Darah A

Diet Golongan Darah A – Dalam memahami diet apa yang cocok untuk golongan darah A, Dr. Peter D. Adamo dalam bukunya 'Eat Right for Your Type Diet' menyebutkan beberapa aksara tipe A.

Menurut Dia, golongan darah A mempunyai aksara yang unik. Pemilik golongan darah ini umumnya mempunyai tubuh yang ramping. Mereka juga cerdas, suka berdebat, namun cenderung emosional dan perasaannya berubah-ubah.

Sedangkan untuk duduk perkara kesehatan, Health Care Ministry International melaporkan para pemilik golongan darah A cenderung mempunyai sistem cerna sensitif. Kadar asam lambung yang rendah tapi menghasilkan lend*ir yang cukup tinggi. Inilah yang menciptakan tipe A harus memperhatikan sajian makannya.

Adapun risiko medis yang sering terjadi pada golongan A kalau tidak memperhatikan sajian makan antara lain:
  • Kanker
  • Penyakit jantung
  • Anemia (kekurangan sel darah merah)
  • Diabetes melitus tipe 1

Menu Diet yang Tepat untuk Golongan Darah A

 Dalam memahami diet apa yang cocok untuk golongan darah A Diet yang Tepat untuk Golongan Darah A


Diet sempurna untuk golongan darah A yaitu dengan menjadi vegetarian. Bagi kau yang mempunyai golongan darah ini, sebaiknya hindari protein hewani dan susu sapi lantaran tidak menghasilkan asam klorida yang cukup untuk perut sehingga mempunyai waktu cerna yang lebih lama.

Protein hewani dan susu juga cenderung membusuk dan berfermentasi dalam pencernaan, inilah yang mengakibatkan bisul dan kesulitan pencernaan pada tipe A. Jika kau cenderung lebih banyak mengonsumsi protein hewani, maka akan lebih berisiko terkena kanker perut.

Lalu, sajian apa saja yang harus dikonsumsi?

1. Daging

Tidak semua daging itu jelek untuk tipe A. Beberapa daging yang masih sanggup kau konsumsi antara lain yaitu daging ayam dan kelinci.

Daging tersebut mempunyai protein hewani yang rendah sehingga tidak akan mengakibatkan gangguan pencernaan.

Sedangkan daging yang harus benar-benar kau hindari antara lain daging sapi, daging babi, daging kambing, bebek, dan angsa.

2. Ikan

Ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain yaitu cod, mackerel, salmon, sarden, dan trout. Sementara makanan laut, belut, halibut, herring, dan gurita wajib untuk kau hindari.

3. Produk susu

Sebetulnya masih ada beberapa jenis susu rendah protein yang sanggup kau konsumsi, contohnya susu kambing, keju mozzarella, dan yoghurt organik.

Akan tetapi untuk produk susu ibarat mentega, susu sapi, dan keju yang terbuat dari susu sapi perlu kau hindari. Susu tersebut mengandung protein hewani tinggi yang jelek bagi sistem pencernaan.

4. Telur

Pemilik golongan darah A boleh mengonsumsi semua jenis telur, baik itu bebek, ayam, puyuh, angsa, ataupun lainnya. Tetapi ingat, jumlahnya jangan hingga melebihi tiga butir dalam seminggu ya.

5. Sayur, buah, dan kacang-kacangan

Sayur ibarat bayam, brokoli, sawi, wortel, dan lainnya sangat baik untuk diet golongan darah A. Sedangkan untuk buahnya kau sanggup mengonsumsi nanas, buah berry, jeruk, mangga, dan apel. Hampir semua jenis sayur dan buah itu baik untuk tipe A.

Tidak hanya buah dan sayur saja, kau pun harus mencukupi kebutuhan protein nabati yang salah satunya sanggup dengan mengonsumsi biji-bijian ataupun kacang-kacangan. Misalnya ibarat susu kedelai, tahu, tempe, biji wijen, kacang ijo, dsb.

Suplemen yang Dibutuhkan Tipe A

Untuk melengkapi nutrisi yang masuk dalam tubuh sebaiknya golongan darah ini mengonsumsi vitamin B12 dan zat besi.

Asam klorida yang ada dalam perut tipe A sanggup menggangu peresapan vitamin B12, sehingga mereka rentan terkena anemia pernisiosa.

Vitamin B12 tidak hanya sanggup kau temukan dalam daging merah, tetapi juga sanggup ditemukan dalam makanan berprotein nabati tinggi ibarat produk kedelai dan rumput laut.

Olahraga untuk Golongan Darah A

Latihan fisik yang cocok untuk tipe A berdasarkan Peter yaitu latihan yang sifatnya menangkan ibarat renang, sepeda santai, pilates (yoga & tai chi), jogging, dan lain sebagainya.

Berikut tips-tips olahraga untuk tipe A:
  • Melangkahlah 10.000 langkah setiap hari (sekitar 7 km)
  • Variasikan jenis latihan fisik untuk bekerja pada kelompok otot yang berbeda
  • Pilih acara low impact. Karena olahraga berat tidak cocok untukmu
  • Selesaikan setiap latihan dengan peregangan
  • Lakukan latihan minimal dua kali dalam seminggu.

Risiko Menerapkan Diet Golongan Darah

Rekomendasi diet golongan darah sebaiknya lebih diwaspadai pada penderita penyakit diabetes dan ginjal. Perlu diingat bahwa, diet ini tidak mempertimbangkan kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan, tapi hanya berdasarkan satu faktor, yakni golongan darah.

Selain itu, teladan makan diatas juga tidak mempertimbangkan apakah seseorang menderita kolesterol tinggi ataupun hipertensi. Penurunan berat tubuh memang mungkin terjadi, lantaran pelakunya mengurangi makanan kurang sehat dan cepat saji. Ini berarti keberhasilan menurunkan berat tubuh bukan dari golongan darah tapi pilihan sajian makan. Iya kan?

Diet golongan darah dengan pembatasan makanan sanggup menimbulkan seseorang mengalami kekurangan gizi/nutrisi. Misalnya keropos tulang lantaran kekurangan kalsium, anemia lantaran kekurangan zat besi, dan banyak sekali defisiensi vitamin lainnya. Oleh lantaran itu, sebelum menerapkan diet golongan darah A di atas sebaiknya konsultasikan dulu ke andal gizi atau dokter.

Tag : Blog, Diet
0 Komentar untuk "Diet Yang Sempurna Untuk Golongan Darah A"

Back To Top