Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

6 Cara Menghilangkan Tato Permanen Terbukti Berhasil

Cara Menghilangkan Tato Permanen – Apakah kau menyesal menciptakan tato dengan nama mantan atau pernah ditolak oleh suatu perusahaan karena bertato? Dan kini kau ingin menghapusnya? Jika benar demikian, kau bisa mencoba salah satu dari enam cara menghilangkan tato permanen yang akan saya ulas pada kesempatan kali ini.
 Apakah kau menyesal menciptakan tato dengan nama mantan atau pernah ditolak oleh suatu perus 6 Cara Menghilangkan Tato Permanen Terbukti Berhasil
Gambar via Alodokter.com
Tato sesungguhnya sudah ada semenjak jaman dahulu. Orang Mesir Kuno menggunakan tato sebagai sarana untuk menandakan identitas diri. Biasanya orang bertato jaman dulu berasal dari kalangan kelas atas, contohnya menyerupai raja dan panglima tinggi. Namun seiring dengan perkembangannya, kini ini tato dianggap sebagai salah satu karya seni di kalangan masyarakat.

Cara Menghapus Tato Permanen Secara Media dan Alami

Tato bisa kita hilangkan dengan menggunakan pertolongan medis ataupun materi alami. Meskipun demikian, jangan berpikir tato bisa hilang dengan mudah. Sebab, tato intinya dibentuk dengan tujuan biar permanen melekat di kulit.

Setiap jenis kulit mempunyai hasil yang beda-beda, terkadang ada yang jadinya cukup memuaskan. Penasaran? Berikut cara menghilangkan tato permanen yang bisa kau coba terapkan.

1. Teknik laser

Melalui teknik ini, tato pada kulit kau akan dipecah menggunakan sinar dengan intensitas tinggi. Ada banyak jenis laser yang nantinya digunakan untuk menghapus tato permanen. Tiap jenisnya mempunyai kegunaan yang berbeda-beda, menyerupai contohnya laser YAG dan Q-switched ruby yang hanya efektif untuk menghilangkan tato berwarna biru-hitam dan merah. Jenis laser ini kemungkinan tidak bisa menghapus tato berwarna hijau.

Proses awal menghilangkan tato permanen dengan laser ialah dengan menciptakan kulit mati rasa dengan suntikan obat bius lokal. Selanjutnya laser ditempelkan pada area tato untuk memanaskan dan menghancurkan tinta tato. Setelah proses ini tamat proses ini tamat mungkin kau akan melihat adanya pembengkakan, melepuh, dan pendarahan pada kulit. Namun tak perlu cemas, tanda-tanda itu nanti bisa diatasi dengan menggunakan salep antibakterial.

Menghapus tato dengan laser memerlukan beberapa kali perawatan, tidak cukup hanya satu kali saja. Mungkin kau nanti akan memerlukan 2-4 kali dan bahkan 10 kali perawatan supaya mendapat hasil maksimal. Semua itu tergantung dari besar tato, ukuran, dan jenis kulit kamu.

2. Operasi pengangkatan jaringan kulit

Sebuah pisau bedah digunakan untuk menyayat dan mengangkat area kulit bertato, sehabis itu tepi sayatan dijahit dan disatukan kembali biar merekat. Mungkin proses operasi ini cukup ngeri, namun tak perlu cemas, karena sebelumnya kau nanti akan disuntik menggunakan obat bius lokal biar mengalami mati rasa.

Setelah proses operasi pengangkatan jaringan kulit selesai, nantinya area tato tadi diolesi dengan salep antibakteri biar mempercepat proses penyembuhan. Metode medis semacam ini cukup efektif untuk menghapus tato parmanen yang ada di kulit. Namun sayangnya, operasi akan menimbulkan bekas luka. Jadi, sebaiknya gunakan metode ini untuk menghilangkan tato ukuran kecil.

3. Dermabrasi

Cara selanjutnya ini menggunakan sebuah alat mempunyai roda atau sikat abrasive yang bisa berputar dengan kecepatan tinggi. Kemudian, area tato diampelas dengan menggunakan putaran roda atau sikat tadi hingga warnanya memudar atau hilang.

Agar tidak terasa sakit, sebelumnya kau akan diberi obat bius biar area sekitar tato mati rasa. Sayangnya, karena hasil tidak bisa dipastikan, teknik dermabrasi dikala ini tidak digemari oleh masyarakat. Selain itu, kedua metode sebelumnya juga dianggap lebih efektif dari pada dermabrasi.

4. Teknik scarification

Teknik scarification dilakukan dengan menggunakan pertolongan larutan asam atau materi kimia. Belum banyak masyarakat tanah air yang tau cara menghapus tato dengan scarification. Meskipun terbilang cukup ampuh, tapi sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter seorang jago kulit.

Setiap orang mempunyai karakteristik kulit yang berbeda-beda. Ada yang sensitif dan ada pula yang kebal dengan zat kimia. Terkadang penggunaan cairan kimia untuk menghilangkan tato akan mengakibatkan iritasi atau alergi berbahaya.

5. Krim anti tato

Obat penghilang tato dalam bentuk krim tidak menjamin hasil 100 %. Tetapi, setidaknya krim anti tato bisa memudarkan warna tato di kulit. Menghilangkan tato dengan krim jauh lebih simpel dan tidak menyakitkan dibanding operasi, dermabrasi, ataupun laser.

Harga salep anti tato sendiri cukup bervariasi, tergantung dari merek. Kamu bisa menyiapkan dana sekitar 900 hingga 1 jutaan untuk membeli krim penghilang tato. Usahakan membeli krim di apotik atau toko obat yang sudah terpercaya biar tidak mendapat produk palsu.

6. Gunakan materi alami

Bahan alami dalam hal ini hanya mempunyai kegunaan untuk perawatan lanjutan sehabis kau menggunakan beberapa metode diatas. Dengan menggunakan materi alami, sel-sel kulit akan beregenerasi secara optimal, sehingga bekas luka akhir tato pun sanggup dengan sendirinya memudar.

Sebetulnya ada banyak materi alami yang bisa kau coba. Tapi, saya lebih rekomendasikan madu dan minyak zaitun. Oleskan kedua materi alami itu secara rutin sebelum tidur dan sebelum beraktivitas di pagi hari pada area tato.


Jika kau ingin menghilangkan tato permanen, ada baiknya konsultasikan dulu kepada jago dermatolog atau dokter seorang jago kulit. Tanyakan mengenai metode apa yang paling sempurna untuk jenis kulit kau berserta harganya.

Secara umum, harga abolisi tato lebih mahal dari pada menciptakan tato, karena prosesnya sangatlah sulit dan tidak bisa dilakukan main-main. Oleh karena itu, lebih baik jangan tato badan terlalu banyak.

Itulah beberapa cara menghilangkan tato permanen secara alami dan medis. Masing-masing metode diatas mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Lakukan dengan baik dan benar biar jadinya tak mengecewakan.

Jika bermanfaat, mohon dishare ya.

                 Baca juga: cara merawat kulit bertato secara alami                
0 Komentar untuk "6 Cara Menghilangkan Tato Permanen Terbukti Berhasil"

Back To Top