Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

11 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Yang Amazing

Manfaat Buah Naga Merah – Bila kau mencari buah yang manis dan menciptakan kenyang, namun tidak menggemukan badan, buah naga sanggup menjadi pilihan yang tepat. Tidak adanya kandungan karbohidrat kompleks membuatnya gampang dicerna oleh tubuh.

Buah naga sebetulnya berasal dari tempat Meksiko, Amerika Tengah. Seiring dengan perkembangannya, buah ini kemudian tersebar ke aneka macam negara. Umumnya buah naga tumbuh subur di tempat Asia Selatan, Asia Tengah, dan Tenggara ibarat Vietnam, Thailand, Filipina, termasuk Indonesia.

Kulitnya berwarna merah muda dan cukup tebal. Terdapat tiga jenis buah naga menurut warna dagingnya, yaitu merah, putih, dan kuning. Ketika dibuka daging buah ini ibarat dengan buah kiwi, dengan bintik-bintik hitam ialah bijinya. Biji hitam tersebut kaya akan kandungan lipid yang penting untuk pertumbuhan sel. Daging dan bijinya sanggup kita konsumsilangsung secara bersamaan.

 Bila kau mencari buah yang manis dan menciptakan kenyang 11 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan yang Amazing

Kandungan Buah Naga

Dalam buah naga seberat 7 ons atau sekitar 200 gram, terkandung nutrisi makro sekitar:
  • 2 gram protein dan 0,4 gram lemak
  • 14 gram karbohidrat tidak kompleks, yang terdiri dari glukosa dan fruktosa

Tidak hanya itu, dalam buah naga juga terkandung nutrisi mikro yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya ibarat kalsium, potasium, vitamin C, dan zat besi.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi buah naga yang cukup lengkap inilah yang menciptakan keuntungannya sangat luat biasa bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah itu?

1. Kandungan probiotiknya sanggup membantu mencegah kontipasi dan membunuh basil di ususmu.

Probiotik merupakan jenis basil baik yang manis untuk merawat sistem pencernaan. Bakteri ini bertugas melawan basil jahat yang ada dalam usus. Jika dikonsumsi secara tertatur, sanggup meningkatkan kinerja susukan pencernaan dan menghindari kontipasi (susah BAB).

2. Anemia sanggup menyerangmu kapan saja. Sebelum terlambat, cegah dengan konsumsi zat besi dari buah naga merah.

Mengonsumsi satu buah naga sanggup membantu mencukupi kebutuhan 8 persen zat besi harianmu. Zat ini diharapkan untuk membentuk sel darah merah yang menyalurkan oksigen keseluruh tubuh.

3. 15 % kebutuhan vitamin C-mu kini sanggup terpenuhi dengan konsumsi satu buah naga secara rutin lho. Jadi, nggak usah deh beli multivitamin mahal.

Konsumsi buah naga ternyata sanggup memenuhi 15 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh kerusakan akhir radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen dibutuhkan untuk membentuk tendon, ligamen, kulit, tulang rawan, dan pembuluh darah.

4.Jantungmu itu sangat berharga. Sayangi dengan cara mengonsumsi buah naga yang kaya akan potasium ini.

Serangan jantung menduduki posisi pertama sebagai penyakit pembunuh terganas diseluruh dunia. Survei WHO membuktikan, hampir setiap 2 jam ada 10 orang meninggal dunia akhir serangan jantung.

Konsumsi buah naga merah secara rutin sanggup memperlihatkan 10 persen kebutuhan potasium harian. Potasium dibutuhkan untuk mendukung fungsi jantung, otot, saraf, dan sistem pencernaan.

5. Osteoporosis emang banyak menyerang ketika tua. Namun bukan berarti ketika muda kau tidak menjaga kesehatan tulang.Mulailah konsumsi buah naga..

Osteoporosis menjadi momok angker ketika seseorang memasuki usia senja. Keropos tulang sanggup terjadi lantaran tubuh semakin usang menyerap kalsium yang lebih sedikit. Dengan kata lain, semakin bau tanah usiamu, kebutuhan kalsium harus semakin tinggi.

Salah satu sumber kalsium terbaik yang sanggup kau dapatkan ialah buah naga. Jika dikonsumsi secara rutin satu buah naga sanggup memperlihatkan 9 gram kalsium. Zat ini tidak hanya baik untuk menguatkan tulang, tapi juga memperkuat gigimu.

6. Hipertensi dan kolesterol menjadi persoalan serius di tahun ini. Kabar baiknya, kau sanggup menurunkan hanya dengan minum segelas jus buah naga rutin.

Buah naga tidak mempunyai kandungan lemak trans, lemak jenuh, ataupun kolesterol. Bila dikonsumsi secara rutin, buah ini sanggup membantu menjaga tekanan darah dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Sementara bijinya kaya akan kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat bermanfaat untuk mencegah risiko gangguan kardiovaskular dan trigliserida.

7. Minum jus buah naga sanggup membantumu meningkatkan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.

Metabolisme karbohidrat penting untuk dijaga. Apabila metabolisme kurang lancar, maka akan mengakibatkan risiko penyakit berbahaya ibarat diabetes, obesitas (kegemukan), dan jantung koroner.

Nah, buah naga ini mempunyai kandungan vitamin B1 yang cukup bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Jadi, kau sanggup lebih efektif tuh dalam mencegah penyakit-penyakit berbahaya diatas.

8. Nggakusah perawatan kulit mahal. Hanya konsumsi jus buah naga rutin, kau akan mendapat kulit cerah, mulus, dan sehat alami.

Kandungan buah naga memang sangat lengkap. Termasuk kandungan vitamin B1, B2, dan B3. Menurut penelitian kandungan vitamin B2-nya yang cukup tinggi sanggup membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Untuk mendapat hasil terbaik, kau juga sanggup memakai buah naga sebagai masker wajah alami. Caranya cukup haluskan kemudian gunakan sebagai masker 30 menit setiap selesai mandi.

9. Kanker termasuk penyakit mematikan yang belum ada obatnya. Sebelum nasi jadi bubur, cegah dengan konsumsi jus buah naga.

Seperti kita ketahui bersama, kanker termasuk salah satu penyakit mematikan yang telah merenggut banyak jiwa. Hampir 80 % penderita kanker berakhir pada kematian. Duh, ngeri ya.

Pigmen merah pada buah naga mengandung likopen yang diperkirakan sanggup mencegah kanker prostat. Konsumsilah secara rutin minimal satu buah sehari biar kau bebas dari kanker mematikan tersebut.

10. Sakit perut yang kau alami sanggup jadi tanda keracunan. Atasi segera dengan minum jus buah naga secara rutin.

Keracunan sanggup disebabkan lantaran aneka macam macam faktor, termasuk salah satunya keracunan logam berat. Buah naga merah mengandung senyawa fitoalbumin yang sanggup menghilangkan racun logam berat dalam tubuh, atau istilah medisnya detoksifikasi.

11. Selain susu formula, konsumsilah jus buah naga untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dalam kandungan.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangatlah luar biasa. Buah ini memperlihatkan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh janin ketika sedang mengalami perkembangan. Salah satu kandungan nutrisinya ialah kalsium dan fosfor yang sanggup membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

Efek Samping yang Mungkin Terjadi

Sejauh ini belum ada imbas samping berbahaya yang disebabkan sesudah konsumsi buah naga rutin. Efek yang sering muncul biasanya feses dan air seni berwarna kemerahan. Namun itu tidaklah berbahaya, lantaran hanya imbas dari daging buahnya yang berwarna merah.

Bagaimana, tertarik mengonsumsi buah naga?

Selain dikonsumsi eksklusif dan dalam bentuk jus, kau juga sanggup menciptakan olahan lain dari buah naga, ibarat misal membuatnya menjadi yoghurt, es krim, jeli, ataupun kue. Sedangkan bunganya sanggup kau manfaatkan untuk menciptakan teh segar. Semoga bermanfaat.

***
Tag : Blog, Kesehatan
0 Komentar untuk "11 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Yang Amazing"

Back To Top