Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

Makan Rambutan Bikin Batuk, Benarkah?

 tentu akan menyambutnya dengan bahagia hati Makan Rambutan Bikin Batuk, Benarkah?
Musim rambutan telah tiba! Bagi penggemar buah ini, tentu akan menyambutnya dengan bahagia hati. Namun, tak sedikit juga yang menjauhinya lantaran khawatir bikin batuk, terutama pada anak-anak.

Ada banyak orang yang memang mengeluh batuk sesudah mengonsumsi rambutan. Lalu mereka menyimpulkan kalau buah ini sanggup memicu batuk. Padahal, faktanya tidak sesederhana itu.

"Belum ada studi ilmiah yang menunjukkan bahwa makan rambutan berkaitan eksklusif dengan batuk,” kata dr. Resthie Rachmanta, M.Epid,  “Kandungan di dalam rambutan pun sebetulnya tidak sebabkan batuk.”

Menurutnya, gula pada rambutanlah yang mungkin sanggup menimbulkan batuk. Ini dikarenakan gula pada rambutan bersifat agak pekat sehingga cenderung menempel di tenggorokan. Akan tetapi, reaksi ini tergantung pada masing-masing individu.

“Misalnya kalau orangnya sudah batuk dan ia konsumsi rambutan, sanggup merangsang tenggorokan untuk memproduksi lendir lebih banyak. Akibatnya, tenggorokan berusaha mengalirkan gula tersebut dengan refleks batuk,” terang dr. Resthie.

Karena itu, jikalau Anda sedang batuk, sebaiknya hindari dulu makan rambutan. Bila memang ingin mengonsumsinya, jangan lupa minum air hangat setelahnya untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan. (klikdokter)
0 Komentar untuk "Makan Rambutan Bikin Batuk, Benarkah?"

Back To Top