Berbagi Tips-tips tentang kesehatan

Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

Cara Merawat Kesehatan Mata secara Alami Cara Merawat Kesehatan Mata secara Alami
Cara Merawat Kesehatan Mata secara Alami. Mata ialah panca indera insan yang sangat penting. Karena dengan mata kita sanggup melihat dan menikmati keindahan dunia. Maka dari itu, penting bagi kita untuk merawat kesehatan mata. 

Dewasa ini semakin banyak belum dewasa yang sudah memakai kacamata. Sayang sekali di usia yang masih muda mereka sudah harus memakai kacamata lantaran gangguan mata minus ataupun silinder.

Biasanya gangguan mata yang dialami seseorang disebabkan kebiasaan jelek orang tersebut, contoh makan yang kurang benar ataupun faktor genetik. Beberapa faktor penyebab gangguan mata adalah:


Penyebab Gangguan Mata

Merokok
Merokok menawarkan efek yang jelek bagi kesehatan. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok sanggup merusak belahan sensitif pada retina yang disebut makula.
   
Mata lelah
Beberapa kebiasaan menyerupai terlalu usang menonton tv, jarak antara tv dan mata terlalu dekat, terlalu usang membaca buku, membaca buku sambil tiduran, ataupun terlalu usang di depan komputer. Semua kebiasaan itu sanggup menciptakan mata anda lelah dan sanggup memicu kerusakan mata. 
   
Sinar Ultraviolet
Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari sanggup membahayakan kesehatan mata. Sinar Ultraviolet sanggup mengkremasi kornea, mengakibatkan kerusakan lensa mata dan retina, serta sanggup meningkatkan resiko katarak mata.
Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah sanggup merusak pembuluh darah di retina yaitu kawasan di belakang mata. Penyakit mata penyebab tekanan darah tinggi sebut dengan retinopati hipertensi.

Diabetes
Jika seseorang mempunyai penyakit diabetes maka orang itu mempunyai resiko untuk terjangkit beberapa penyakit mata menyerupai glaukoma, retinopati diabetes, dimana retina sanggup mengalami kerusakan parah.
    
Makanan Tidak Sehat
Pola hidup yang tidak sehat menyerupai mengkonsumsi makanan yang kurang sehat bagi badan mengakibatkan badan tidak mendapat asupan nutrisi yang sempurna. Jika nutrisi yang diharapkan untuk kesehatan mata kurang terpenuhi, maka penyakit mata akan  rentan anda alami.

Nutrisi yang penting yang diharapkan oleh kesehatan mata ialah vitamin A dan vitamin B-12. Kekurangan vitamin A sanggup mengakibatkan kebutaan dan mata akan terasa kering. Kekurangan vitamin B-12 akan mengakibatkan penglihatan menjadi kabur.
Sebelum anda mengalami gangguan kesehatan mata, ada baiknya anda menjaga kesehatan mata anda. Bukankah Mencegah lebih baik daripada mengobati. Mengingat mata ialah panca indera yang vital untuk manusia.

Tanpa mempunyai indera penglihatan atau mengalami gangguan kesehatan mata, anda tentu akan mengalami kesulitan dalam menjalani acara anda sehari-hari. Berikut ini ialah cara-cara menjaga atau merawat kesehatan mata, yaitu: 


Merawat Kesehatan Mata

  1. Jika anda membaca buku usahakan jarak dari buku ke mata anda sekitr 30 cm. Hal ini dimaksudkan supaya mencegah mata anda terkena penyakit mata menyerupai miopi atau rabun dekat.
      
  2. Jangan membaca buku sambil tiduran, lantaran hal ini sanggup mengakibatkan penyakit mata menyerupai miopi.
      
  3. Gunakan penerangan yang cukup ketika berguru atau membaca lantaran penerangan yang redup sanggup mengganggu kesehatan mata.
      
  4. Usahakan mengistirahatkan mata anda, ketika sudah terlalu usang di depan layar komputer.
      
  5. Usahakan memakan makanan yang baik untuk kesehatan mata anda. Seperti wortel yang mempunyai kandungan betakaroten yang kan menjadi  vitamin A dan telur yang mengandung protein serta vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Di dalam telur juga terkandung Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur yang sanggup mencegah penyakit katarak. 
      
  6. Usahakan supaya berhenti merokok bagi anda yang mempunyai kebiasaan merokok, lantaran merokok sanggup mengakibatkan penyakit mata menyerupai katarak.
      
  7. Periksakan mata anda ke dokter jikalau anda merasa ada gangguan pada mata anda atau jikalau mata anda kemasukan benda-benda kecil.

Dengan merawat kesehatan mata dengan benar, tentunya mata kita akan terjaga dan akan terhindar dari yang namanya penyakit atau permasalahan.
Tag : Masalah Mata
0 Komentar untuk "Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami"

Back To Top